Aku gagal SNMPTN Kedokteran Gigi 2018... Apa yang harus aku lakukan? Aku harus gimana?

Aku gagal SNMPTN... Apa yang harus aku lakukan?
Berulang kali aku merenungi dan menangis di kamar rumahku.
Selama 2 hari aku menangis dan bertanya mengapa aku tidak diterima SNMPTN? Apakah aku bisa jadi dokter gigi? Apakah telat jika baru belajar SBMPTN?

Semua pertanyaan itu yang aku tanyakan pada diriku dahulu. Berikut pengalaman dan ceritaku gagal SNMPTN.
Thanks to my Mother as my beloved yang selalu support apapun yang aku lakukan. Saat aku gagal dulu ibukku berkata padaku bahwa jika takdir tidak akan pernah kemana dan pasti akan menjumpaimu, setelah itu ibukku mengingatkan bahwa aku tidak dewasa dalam bersikap dimana gagal SNM aja sampee gitu. Dulu cara ibukku menyadarkanku adalah "kamu harusnya bersyukur sudah diterima di Universitas Swasta di Semarang. Inginmu jadi dokter gigi kan? InsyaAllah bisa."


           Setelahnya aku sadar. dan aku bangkit. lalu belajar.
           Kalau nggak pengen swasta yang harus bisa masuk negri. pikirku. karena aku ingin sekali masuk universitas negri.

oh ya, dulu aku daftar SNMPTN pilihan pertama di KG Unair, KH Unair dan KG Undip. dulu masih labil. Jadi dokter apaya? Hewan kali ya? tapi takut. bisa nggak ya? terus aku coba ternyata aku lebih cocok jadi dokter gigi HAHAHA aamiin.

iya Alhamdullilah setelah SNM aku keterima SBM di KG Unsoed (Pil 1). agak aneh sih SBMku, dulu aku belajar cuman 2 minggu, setelah pengumuman snm, dan pilihanku pas SBM sangat konyol sih kalo kata temenku yaitu KG Unsoed, KG Undip, dan KG UGM. Yaa, UGM pilihan 3, masa bisa keterimaaa? *tanya temen temenku, ya aku jawab saja "Kan aku keterimanya yang pertama" dan Alhamdullilah dijabah oleh Allah. Yaa, beneran keterima di pilihan pertama dan di tahun yang sama yaitu 2018
Jadi, Ringkasannya adalah.
Saat kamu gagal SNM, Alhamdullilah.
Masih bisa daftar SBM, daftar Swasta, Kedinasan, Ikatan dinas, Beasiswa LN, ataupun lainnya.
niati saja yang setelahnya kalian pilih adalah jalan terbaik yang sudah Allah ridhoi untuk kalian. tetap semangat kawankuuu.
Ingat juga yaa "Jika memang takdirmu tidak akan pernah menjadi milik orang lain."

Setelah SNM ngapain? Ini yang harus kamu lakukan ketika telah gagal SNMPTN.
1. Tentukan tujuanmu yang bener bener pengen.
tanyakan lagi sama dirimuuu "Bener ga, jurusan SNM adalah mimpimu."
2. Lakukan.
jangan pernah takut, "Yah, aku telat dongg. temen temenku dah belajar SBM. aku belom sama sekali" Weee don't worry. dulu aku juga takut, tapi aku sadar kalau saingan kita bukan orang lain. tapi diri kita sendiri. "ngapain mikirin orang. karena saat mereka bisa dan kamu juga bisa kalian sama sama lolos kok. InsyaAllah."
3. Serahkan semuanya.
Serahkan sama siapa? Sama pencipta lahh. kepada Allah SWT.
minta doa semuaa orang. gapapa, jangan malu karena "Senantiasa ada harapan bagi mereka yang sering berdoa, selalu ada jalan bagi mereka yang sering berusaha"

Komentar